Selasa, 24 April 2012

LIMA SISWA JABAR IKUTI ICYS

JAKARTA, (PRLM).- Indonesia menjadi negara Asia pertama penyelenggaraan Konfrensi Internasional Ilmuwan Muda atau International Conference of Young Scientists (ICYS) ke-17 yang akan berlangsung di Bali 12 s.d. 17 April 2010.

Sebanyak 12 siswa Indonesia, lima siswa di antaranya berasal dari sekolah-sekolah menengah atas (SMA) di Jawa Barat, tergabung dalam tim yang akan terjun pada ajang bergengsi itu.

Lima siswa asal Jawa Barat terdiri dari Rizal Panji Islami (SMA Negeri 3 Bandung), Sonny Lazuardi N (SMA Negeri 5 Bandung), Aria Dhanang Dewangga (SMA Negeri 5 Bandung), Oki Novendra (SMA Negeri 1 Bogor), dan Fauqia Tambunan (SMA Mutiara Bunda Bandung).




Rizal Panji Islami menyajikan penelitian berjudul "Pemanfaatan Sabut Kelapa sebagai Agregat dalam Pembuatan Beton". Sonny Lazuardi N menyajikan judul penelitian "Portable Protection Everywhere". Aria Dhanang Dewangga dengan judul penelitian "Virtualizing Angklung". Oki Novendra dengan judul penelitian "Mathematical Explaination on the Death of Michael Jackson".

Sedangkan, Fauqia Tambunan dengan judul penelitian "Uji Coba Agar-agar Rumput Laut sebagai Membran pada Proses Pemurnian Air Laut Pantai Sayang Heulang Menggunakan Metode Osmosis Balik (Reverse Osmosis) di Kecamatan Cikelet Kabupaten Garut Jawa Barat".

Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah (Mandikdasmen) Kementerian Pendidikan Dasar (Kemendiknas) Suyanto mengatakan, target tim Indonesia menjadi juara umum. "Tahun kemarin, saat berlangsung di Polandia, tim Indonesia juga menjadi juara umum," ujarnya saat melepas tim di Gedung Kemendiknas Senayan, Jakarta, Rabu (7/4) sore.

Suyanto mengatakan, ajang di Bali mendatang merupakan yang pertama kali di Asia. Sebelumnya berlangsung di Eropa. (A-94/das)***

sumber: http://www.pikiran-rakyat.com/node/110720

Tidak ada komentar:

Posting Komentar